6 Jenis Tanaman Kaktus Hias, Cara Tanam Dan Merawatnya

Apa itu Tanaman kaktus?

Kaktus tebagi menjadi beberapa jenis salah satunya merupakan kaktus hias dan tumbuhan ini merupakan tanaman yang dapat hidup lama tanpa air, Sering juga kita jumpai pada Daerah kering Kaktus memiliki akar panjang yang berguna mencari sumber air dalam tanah.

Jenis Tanaman Kaktus Hias

kaktus Si Tanaman berduri yang memiliki habitat asli di padang pasir ini Memiliki banyak Pengemar, Selain memiliki berbagai macam jenis dengan bentuk dan ukuran yang aestethic, tanaman ini juga memiliki ciri khusus yang dapat menyimpan air pada batangnya.

Pecinta tanaman kaktus tentunya wajib tahu apa saja jenis tanaman kaktus yang dapat dipelihara di rumah Sebagai Hiasan.

Berikut Kami Sajikan Beberapa Rekomendasi Kaktus Hias :

1. Kaktus Zebra

Jenis kaktus ini memiliki corak yang mirip kuda zebra. Jenis tanaman ini mampu bertahan dalam ruang yang minim cahaya. Selain itu warnanya yang istimewa membuatnya dijadikan sebagai tanaman hias.

2. Kaktus Gymnocalycium

Kaktus ini memiliki bunga dengan bentuk yang indah. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai hiasan dengan ditanam di dalam pot.

3. Kaktus Ball

Kaktus jenis ini memiliki bentuk yang bulat dan berduri tebal. Meskipun bentuknya bulat, tetapi itu merupakan batangnya loh. Selain itu, duri tebalnya juga tidak terlalu tajam. Sehingga tidak akan melukai tangan kalian.

4. Kaktus Rainbow hedgehog

Merupakan kaktus yang memiliki bunga berwarna cerah dan berbentuk oval. Selain itu, tanaman jenis ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman kaktus hias.

5. Kaktus Fairy Castle

Sesuai namanya kaktus ini memiliki bentuk seperti kastil kerajaan. Kaktus jenis ini lebih cocok ditanam sebagai tanaman pagar maupun di tanam di dalam pot.

6. Kaktus Cereus Peruvianus

Jenis kaktus ini dapat tumbuh mencapai atap rumah. Kaktus ini memiliki warna hijau dan merupakan salah satu jenis kaktus yang tergolong langka.

Cara Tanam Kaktus

Setelah mengetahui jenis tanaman kaktus yang dapat dipelihara di rumah, tentunya mengetahui media penanaman kaktus juga sangat diperlukan. Dengan media penanaman yang tepat, tanaman kaktus kesayangan kalian  tentunya dapat tumbuh dengan baik dan menarik.

Berikut Tata Cara penanaman kaktus yang Baik dan Benar.

1. Batu Apung

Batu apung merupakan batu yang tahan terhadap jamur, api, dan bisa mengapung di dalam air. Kalian dapat menggunakan batu apung dengan ukuran 3 – 5 mm kemudian dicampur dengan pasir malang. Selain itu, untuk diletakkan di dasar pot kaktus kalian dapat memilih batu apung dengan ukuran yang lebih besar.

2. Sabut Kelapa

Sebagai media penanaman kaktus, sabut kelapa tergolong efektif karena dapat menyerap air dan lebih tahan lama dalam menyimpan airnya. Selain itu, penggunaan sabut kelapa sebaiknya dibarengi dengan meletakkan tanaman kaktus di tempat yang beratap dan terpapar sinar matahari.

3. Pasir Malang

Pasir malang berasal dari lahar gunung berapi di sekitar kota Malang. Pasir ini lebih cepat melewatkan air sehingga dapat mencegah pembusukan pada kaktus. Selain itu, teksturnya yang halus dapat menahan air yang bisa mengakibatkan kelembapan pada kaktus.

4. Sekam

Menanam tanaman kaktus dapat menggunakan sekam. Sekam sangat bermanfaat untuk menjaga tingkat keasaman tanah. Selain itu, sekam memiliki dua jenis yang berbeda yaitu sekam bakar dan

sekam biasa. Sebagai media penanaman kaktus, sekam bakar lebih direkomendasikan karena mengandung Silika dan Zinc yang berguna untuk  kesuburan dan agar kaktus tumbuh tegak.

5. Pupuk

Media terpenting dalam menanam tanaman adalah pupuk, entah pupuk organik maupun anorganik. Dengan menggunakan pupuk, tentunya tanaman kaktus kalian dapat ternutrisi dengan baik.

Kesimpulan : Kaktus tumbuhan yang Dapat hidup dalam kondisi ekstrem, mempunyai pertahan hidup seperti duri agar terhindar dari predator yang ingin memakan atau merusaknya. kaktus juga bisa di jadikan Hiasan Dalam Rumah.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: